Kecemasan

Gangguan kecemasan / anxiety disorder adalah keadaan tegang yang berlebihan atau tidak pada tempatnya yang ditandai oleh perasaan khawatir, cemas, tidak menentu atau takut.

Respon gangguan kecemasan sering kali tidak berkaitan dengan ancaman yang nyata, tetapi tetap dapat membuat seseorang tidak mampu bertindak atau bahkan menarik diri.

Gejala Psikologis

berupa anxietas atau kecemasan itu sendiri. ada berbagai istilah yang sering digunakan oleh orang banyak, misal khawatir atau was-was.

Gejala Fisik 

  • Jantung berdebar
  • Napas semakin cepat (hiperventilasi, yang sering dirasakan sebagai sesak)
  • Mulut kering
  • Keluhan lambung tangan dan kaki merasa dingin dan ketegangan otot (biasanya di pelipis, tengkuk atau punggung)

Hiperventilasi sering tidak disadari oleh penderita Gangguan Kecemasan, yang dikeluhkan adalah gejala-gejala yang akibat berubahnya keseimbangan asam-basa di dalam darah, terjadi hipokapnea; yang paling sering terjadi adalah perasaan pusing seperti melayang, rasa kesemutan di tangan dan kaki, kalau parah dapat terjadi spasme otot tangan dan kaki (spasme karpopedal).

Apabila tidak mendapatkan penanganan, penderita gangguan kecemasan yang merasakan kecemasan berlebihan bisa mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, menurunnya performa kerja atau prestasi belajar di sekolah, dan juga kesulitan untuk menjalani interaksi sosial dengan orang lain.

Hubungi Saya

Contact Us

Woman vector created by pch.vector – freepik.com/free-photos-vectors/woman